Jumat, 06 September 2013

arti,manfaat,dan contoh prilaku disiplin diri


DISIPLIN
Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran (hukum) atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Sedangkan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik dan mengevaluasi peserta didik, pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sementara pegawai dunia pendidikan merupakan bagian dari tenaga kependidikan, yaitu anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Dalam informasi tentang wawasan Wiyatamandala, kedisiplinan guru diartikan sebagai sikap mental yang mengandung kerelaan mematuhi semua ketentuan, peraturan dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan taggung jawab.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan. Kedisiplinan guru dan pegawai adalah sikap penuh kerelaan dalam mematuhi semua aturan dan norma yang ada dalam menjalankan tugasnya sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap pendidikan anak didiknya. Karena bagaimana pun seorang guru atau tenaga kependidikan (pegawai), merupakan cermin bagi anak didiknya dalam sikap atau teladan, dan sikap disiplin guru dan tenaga kependidikan (pegawai) akan memberikan warna terhadap hasil pendidikan yang jauh lebih baik.
Macam – Macam Kedisiplinan
a. Disiplin dalam Menggunakan Waktu

Maksudnya bisa menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bisa menggunakan waktu dengan baik



b. Disiplin dalam Beribada

Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan manusia untuk Disiplin, sebagai contoh firman Allah SWT.

c. Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Kedisiplinan merupakan hal yang amat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, sampai terjadi erosi disiplin maka pencapaian tujuan pendidikan akan terhambat, diantara faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah :

1) Faktor tuntutan materi lebih banyak sehingga bagaimana pun jalannya, banyak ditempuh untuk menutupi tuntutan hidup
2) Munculnya selera beberapa manusia yang ingin terlepas dari ikatan dan aturan serta ingin sebebas-bebasnya
3) Pola dan sistem pendidikan yang sering berubah
4) Motivasi belajar para peserta didik dan para pendidik menurun
5) Longgarnya peraturan yang ada

Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Disiplin merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang memadai, untuk itu guru memerlukan pemahaman tentang landasan Ilmu kependidikan akan keguruan sebab saat ini banyak terjadi erosi sopan santun dan erosi disiplin.
Macam-macam bentuk disiplin selain seperti yang disebutkan diatas, disiplin juga terbagi menjadi:

a. Disiplin Diri Pribadi
Apabila dianalisi maka disiplin menganung beberapa unsur yaitu adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut. Disiplin diri merupakan kunci bagi kedisiplinan pada lingkungan yang lebih luas lagi. Contoh disiplin diri pribadi yaitu tidak pernah meninggalkan Ibadan lepada Tuhan Yang Maha Kuasa

b. Disiplin Sosial

Pada hakekatnya disiplin sosial adalah Disiplin dari dalam kaitannya dengan masyarakat atau dalam hubunganya dengan. Contoh prilaku disiplin social hádala melaksanakan siskaling kerja bakti. Senantiasa menjaga nama baik masyarakat dan sebagaiannya.

c. Disiplin Nasional


Berdasarkan hasil perumusan lembaga pertahanan nasional, yang diuraikan dalam disiplin nasional untuk mendukung pembangunan nasional. Disiplin nasional diartikan sebagai status mental bangsa yang tercemin dalam perbuatan berupa keputusan dan ketaatan. Baik secara sadar maupun melalui pembinaan terhadap norma-norma kehidupan yang berlaku.
MANFAAT DISIPLIN
1.Menumbuhkan kepekaan
Anak tumbuh menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Jadinya, anak akan mudah menyelami perasaan orang lain juga.
2.Menumbuhkan kepedulian
Anak jadi peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain.Disiplin membuat anak memiliki integritas, selain dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik ,cepat dan mudah.
3.Mengajarkan keteraturan
Anak jadi mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengelola waktunya dengan baik


4.Menumbuhkan ketenangan
Menurut penelitian menunjukkan bayi yang tenang/jarang menangis ternyata lebih mampu memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Di tahap selanjutnya bahkan ia bisa cepat berinteraksi dengan orang lain.
5.Menumbuhkan percaya diri
Sikap ini tumbuh berkembang pada saat anak diberi kepercayaan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang mampu ia kerjakan dengan sendiri.
6.Menumbuhkan kemandirian
Dengan kemandirian anak dapat diandalkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Anak juga dapat mengeksplorasi lingkungan dengan baik.Disiplin merupakan bimbingan yang tepat pada anak untuk sanggup menentukan pilihan yang bijak.
7.Menumbuhkan keakraban
Anak menjadi cepat akrab dan ramah terhadap orang lain karena kemampuannya beradaptasi lebih terasah.
8.Membantu perkembangan otak
Pada usia 3 tahun pertama, pertumbuhan otak anak sangat pesat, disini ia menjadi peniru perilaku yang piawai. ia mampu mencontoh dengan sempurna tingkah laku orang tua yang disiplin dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan dan sikap yang positif.
9.Membantu anak yang “sulit”
Kadang-kadang kita lupa pada anak yang berkebutuhan khusus yang memerlukan penangan khusus, melalui disiplin yang menekankan keteraturan anak berkebutuhan khusus bisa hidup lebih baik.
10 Menumbuhkan kepatuhan
Hasilnya anak akan menuruti aturan yang ditetapkan orangtua atas kemauan sendiri.


CARA MENUMBUHKAN DISIPLIN DIRI

Cara Disiplin Diri - Sebuah pilihan yang penting dan harus anda ambil dengan berkenaan dengan disiplin pribadi. Anda dapat bersikap santai atau keras lepada diri sendiri. jika memilih untuk bersikap santai, segala sesuatu yang anda lakukan tnpaknya sesuai benar dengan pola yang sama. Jika mengembangkan disiplin yang tepat, maka tubuh dan sikap-sikap mental anda akan mencerminkan pilihan itu dan tampaknya aka selalu bisa menyelesaikan semua pekerjaan, menghindari sikap menunda pekerjaan dan benar-benar menikmati apa yang anda kerjakan.

Evaluasilah waktu anda dan analisislah bagaimana mendedikasihkan seluruh perhatian untuk menekankan hal-hal yang positif karena disiplin menjadi faktor yang sangat penting setelah mendewasakan diri karena disiplin mampu mengembangkan kebasaan-kebiasaan yang baik dan berperan penting dalam mendorong kemamuan anda untuk belajar dalam segal hal.

Salah satu masalah yang selalu kita hadapi adalah bagaimana menyelesaikan semua permasalahan yang seharusnya dengan cepat-cepat kita selesaikan.

* Langkah awal dalam mengatasi kelemahan yang sangat manusiawi adalah dengan mengenali fakta bahwa disiplin bukanlah soal yang mudah dan tidak masalah siapa anda atau diman anda berada atau seberapa cerdas otak anda, disiplin sesungguhnya berlawanan dengan hakikat manusia itu sendiri yang cenderung malas dan egois sehingga sampai sekarang sebenarnya anda memerangi sistem kedisiplinan.

* Langkah kedua adalah dengan memahami bahwa banyak disiplin yang baik bisa dibangun sejak masa kanak-kanak dalam kehidupan seseorang. Pergi kerumah ibadat salah ssatu contoh suatu kedisiplinan yang dikembangkan oleh sebagian orang dan yang diabaikan oleh sebagaian orang yang lainnya.

Perlu ditekankan oleh titik-titik pemicu, dan yang dimaksud titik-titik pemicu adalah peristiwa-peristiwa yang membuat orang-orang mengubah sudut pandang dan kebiasn-kebiasan mereka, yang membuat mereka pda akhirnya mau tidak mau harus membangun komitmen isiplin yang kuat dalam dirinya untuk menghadapi masalah-masalah ataupun ancaman.


Jika anda menghadapi masalah dengan kedisiplinan, ada beberapa kiat-kiat yang bisa digunakan untuk memeksa diri dalam mengambil tindakan-tindakan yang tepat. Diantara kit-kiat itu adalah:

  1. Menetukan dengan pasti tidak boleh tidak, satu periode tertentu setiap hari untuk menylesaikan masalah.
  2. Bekerja dengan orang lain sehingga anda terlibat dengan sesuatu yang yang harus anda selesaikan, atau sesuatu yang harus diselesaikan secara teratur.
  3. Simpanlah suatu kartu sekor  yang menginventaris  aktivitas yang anda lakukan seperti olaraga ataupun unjuk prestasi.
  4. Berilah penghargaan kepada diri sendiri setiap kali anda brhasil menyelesaikan suatu rutinits tertentu
  5. Ambillah gambar-gambar yang mencolok yang anda inginkan untuk menggambarkan sesuatu yang anda akn membelinya  sebagai bentuk penghargaan jika anda berhasil mendisiplinkan diri dengan tepat.
  6. Jadikan rutinitas yang selama ini nda rasakan sangat membosankan menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menyenangkan dengan memanfaatkan sedikit manipulasi atau penyesuaian.

Jika anda bisa memberikan penguatan atas tujuan anda dan bisa melibatkan anggota keluarga maka karir anda akan berkembang dengan lebih cepat lagi. Anda hendaknya memiliki prosedur untuk penghargaan diri sendiri terhadap prestasi  yang selangkah lebih maju menddekati pecapaian pada tujuan. Berilah penghargaan tas prestasi anda itu. tentu saja ,akan sangat membantu untuk mengikut sertakan anak-anak atau anggota keluarga dalam menikmati penghargaan yang membuat anda bahagia.

CONTOH PERILAKU DISIPLIN
Disiplin dapat di lakukan dirumah di sekolah dan di masyarakat
 contoh peri laku di sekolah
1 tidak terlambat masuk sekolah
2 bila keluar kelas minta izin
3 melaksanakan tugas piket
4 membuang sampah pada tembatnya
5 tidak boleh  berbuat gaduh di kelas



contoh perilaku disiplin di rumah
1 membersihkan tempat tidur
2 membantu orang tua
3 berangkat sekolah tepat waktu
4 tidur tepat waktu
5 belajar setiap hari

contoh perilaku di masya rakat
1 membuang sampah pada tempat nya
2 berjalan di sebelah kiri
3 mematuhi rambulalu lintas
 disiplin di masyarakat berbentuk norma sopan
santun serta baik dan buruk menurut kebiasaan masya rakat

agar kegiatan sehari hari berjalan dengan lancar harus dibuat jadwal
tujuan pembuatan jadwal adalah untuk mencptakan hidup yang
tertib dan teratur


akibat tidak disiplin
1 kegiatan menjadi terhambat
2 setiap tugas tidak selesai tepat waktu
3 hati menjadi gelisah karena hatinya tergesah gesah
4 prestasi belajar menurun




12 komentar:

  1. Saran kalo bisa dikasih sumbernya dari buku apa, krn lumayan untuk membantu tugas makalah kuliah

    BalasHapus
  2. Terima kasih..ini membantu saya untuk mengisi materi pembinaan anak2 dan remaja..

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  4. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/bakar-kalori-dengan-bersepeda/

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat bang tentang artikel manfaat disiplin . Kebetulan pas buat mendidik anak anak.

    BalasHapus
  6. Sangat memberi pandangan terhadap sebuah disiplin

    BalasHapus
  7. Sangat memberi pandangan terhadap sebuah disiplin

    BalasHapus
  8. Informasi yg bmanfaat memotivasi ut mjd didiplin...

    BalasHapus